Resensi Buku Literatur “Belajar Cepat Bahasa Jepang

26 Feb

RESENSI BUKU LITERATUR

B e l a j a r  C e p a t

b.a.h.a.s.a JEPANG

Praktis dan Menyenangkan

 

 

 

IMAS SITI MASFUFAH

GRAFIKA 4 A

 

Teknik Grafika & Penerbitan

POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

Judul buku           : Belajar Cepat bahasa Jepang Praktis dan Menyenangkan

 Pengarang          : Boye De Mente

Penerbit               : tHINK Jogjakarta

 Cetakan               : III (Tiga), Agustus 2007

 Tebal Halaman     : 150  Hlm.

 Jumlah Bab          : 10 Bab

 Ukuran Buku       : 14 x 22 Cm

 Harga Buku         : Rp. 18.000

 

Penulisan Bahasa Jepang

                Ada 4 cara berbeda dalam penulisan bahasa jepang, keempat cara tersebut adalah:

  1. Kanji atau logogram (yang aslinya diambilkan dari bahasa China), yang biasa digunakan bersama Hiragana.
  2. Hiragana, naskah tulisan yang biasa digunakan (besama dengan kanji) untuk akhir kata kerja, kata depan, dan sebagainya.
  3. Katagana digunakan untuk menggambarkan istilah asing ke dalam suku kata bahasa Jepang. Misalnya, bahasa jepangnya “hotel” adalah hoteru. Semua huruf Hiragana dan Katagana terdiri dari gabungan konsonan dan huruf vocal.
  4. Romaji “tulisan roma” biasanya dipakai bersama dengan Kanji, Hiragana atau keduanya.

 

Cara Pengucapan Bahasa Jepang

                 Sebenarnya bahasa jepang sangat mudah untuk diucapkan. Bahasa jepang tersusun dari suku kata yang jelas yang hanya berdasarkan lima bunyi huruf vocal. a (dalam  kata “ah:ah”), i (dalam ‘free:fri”), u (dalam “boo:bu”), e (dalam met: met), dan o (dalam “so: so”).

                Bunyi-bunyi huruf konsonan/mati ditambahkan pada bunyi huruf vocal ini, maka suku kata –suku kata dibuat dengan mengikuti bunyi yang sama dengan pola: ka,ki,ku,ke,ko san sa,shi,su,se,so dan seterusnya. Dalam bahasa jepang tidak ada bunyi huruf L atau V.

 

 

 

Mengembangkan Kemampuan Verbal

                Kita harus melatih mulut dan lidah kita untuk mengucapkan kata-kata asing sebagaimana mestinya. Sebagai contoh, pengucapan kata bahasa jepang “do itashimashite” (doe-ee-tah-she-mahssh-tay).yang artinya “jangan sebut hal itu” membutuhkan tujuh posisi lidah dan mulut yang berbeda.

Konsonan ganda

                Banyak kata-kata dalam bahasa jepang yang mempunyai konsonan ganda sehinga membuat orang-orang yang belajar sulit untuk mengucapkannya. Konsonan ganda  dipresentasikan dalam Hiragana dengan tsu (t’sue) yang berukuran lebih kecil serta tak terucapkan. Tapi terdapat waktu sejenak (jeda) sebagaimana hiragana yang lain. Sebagai contoh:  kekko (keck-ko) baik,bagus dan matte kudasai (maht-tay koo-dah-sai) yang memiliki arti silahkan tunggu.

Tingkat Kesopanan dalam Bahasa Jepang

Sebagaimana halnya dengan bahasa yang lain, bahasa jepang juga mempunyai tingkat kesopanan dalam pembicaraan yang meliputi kosa kata, akhir kata dan bahkan pada perubahan nada dan postur tubuh. Yang digunakan dalam sehari-hari disebut ‘’plain form”, sedangkan untuk situasi yang sangat formal, yang digunakan adalah tingkat ‘ultra-polite”. Misalnya, keigo (kay-e-go) yang umumnya diartikan sebagai ‘suatu kehormatan”. Pada tingkat yang paling sopan (ultra-polite), desu (dess) berubah menjadi de gozaimasu (day go-zai-mahss).

Selain itu, masih ada beberapa bentuk dan kata-kata yang sangat sopan. Misalnya, ada tiga perbedaan bentuk untuk kata “say”: yaitu mosu (moe-sue) untuk kalangan bawah, iu (yoo) untuk kalangan menengah, dan untuk kalangan atas memakai ossharu (oh-sah-rue). Penambahan partikel o- atau go- sebelum kata benda, kata sifat, dan kata keterangan berfungsi merubah kata tersebut menjadi sangat sopan.

Kata-san (sahn)  yang biasanya dububuhkan dibelakang nama fungsinya sama dengan Mr., Mrs., atau Miss. (Tuan, Nyonya, atau Nona). 

 

KESIMPULAN: dengan membaca dan mempelajari buku ini kita sudah mampu berkomunikasi dalam bahasa jepang dengan baik dan benar karena dalam buku ini terdapat 100 kosa kata dan ungkapan dalam bahasa jepang seperti kosa kata mengenai: berkenalan, berbelanja, menannyakan arah, mengendarai kendaraan umum, memesan makanan atau minuman dan masih banyak lagi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: